pengeraman, penetasan dan penyuapan induk walet

Bookmark and Share

Penetasan telur | pengeraman telur | tempat penetasan telur | teknik penetasan telur | penetasan telur manual adalah proses bertelur secara biasa, kata manual tentu beda dengan otomatis, jadi proses dari telur sampai jadi piyek memerlukan proses yang bertahap, coba anda pelajari dulu cara budi daya dan ternak walet. Sebelum burung bertelur mereka kawin dulu, tapi tidak pake penghulu, mereka tinggal memilih mana pasangan yang pas dihati (memangnya burung berpacaran ? kurang tau juga aku, soalnya aku saat ini belum tau bahasa burung walet, atau bisa jadi mereka sebelum kawin ijin orang tuanya dulu ya.) :) , nah setelah mereka sudah memilih pasangan hidup,  mereka melakukan perkawinan, sama seperti manusia ya, cuman aku tidak tau apakah burung walet melukan hubungan kawin berapa kali sehari :) . Setelah si pejantan ngentop si betina, kalau berhasil maka si betina bunting, setelah bunting maka walet betina mengeluarkan telur atau bertelur, berlanjut ke proses pengeraman.




Langkah berikutnya yaitu proses penetasan , jadi piyek walet mulai merasan udara diluar telurnya, dan dengan semangat 45, dia membongkar dan memecahkan kulit telur yang selama ini melindunginya dalam proses pembentukan piyek yang sempurna, bila anda penasaran coba anda kenalan dengan penjual sarang walet, disini si piyek pada umumya tidak sendirian,  biasanya si betina menelurkan dua butir telur. Aku pernah di ajak oleh pemilik rumah sarang burung walet untuk masuk kedalamnya, dan saya melihat langsung rupa dari telur burung walet tersebut. dan saya pernah mencoba merasakan atau memakan isi telur walet yang masih sangat muda. kalau anda bingung tidak tau dimana beli sarang dan telur burung walet, coba anda klik Hubungi.


Saat-saat yang ditunggu telah tiba setelah menunggu dari proses pengeraman penetasan sampai akhirnya penyuapan, disini si induk melakukan tindakan seperti manusia yaitu mencarikan makanan buat si kecil, jadi bisa dibayangkan betapa sibuknya, makanan yang telah didapatkan induknya diberikan keanaknya lewat paruhnya, ketika induknya hinggap disarang disaat itulah si piyek yang sehat dan lapar akan menerima pemberian dari induknya.


Sekian penjelasan saya secara umum dan bagi para pumula walet (termasuk aku), semoba penjelasan saya tentang pengeraman, penetasan sampai penyuapan bisa memberikan pencerahan dan memberikan pandangan nyata tentang burung walet secara umum. trimakasih semoga bermanfaat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar