Tak Perlu Lewat Malaysia, Tiongkok Buka Impor Sarang Burung Walet Langsung dari RI

Bookmark and Share

Tak Perlu Lewat Malaysia, Tiongkok Buka Impor Sarang Burung Walet Langsung dari RI | Informasi Tentang Walet| Izin Ekspor Langsung ke Cina | Kabar Seputar Sarang Walet Terbaru 2014 2015. Setelah melalui proses perundingan 4 tahun, Pemerintah Tiongkok akhirnya membuka pasar terhadap sarang burung walet Indonesia. Selama ini ekspor sarang burung walet asal Indonesia harus melalui pihak ketiga yaitu Hong Kong dan Malaysia.

Dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), di Beijing, Tiongkok, Jumat (28/11/2014), persetujuan Tiongkok dikeluarkan secara resmi oleh General Administration of Quality Supervision, Inspection and Quarantine (AQSIQ)/Badan Karantina Tiongkok melalui suratnya kepada KBRI Beijing dan mulai berlaku sejak tanggal 20 November 2014.

"Dengan persetujuan ini, Indonesia dapat mengekspor sarang burung walet ke Tiongkok," jelas KBRI di Beijing.

Saat ini ekspor hanya dapat dilakukan oleh tiga perusahaan yang sudah terdaftar dan mendapatkan persetujuan dari Certification and Accreditation Administration of the People’s Republic of China (CNCA) yaitu PT Surya Aviesta, PT Adipurna Mranata Jaya, dan PT ESTA Indonesia.

Pembukaan kembali pasar Tiongkok terhadap sarang burung walet Indonesia ini sangat dinanti-nantikan dan mempunyai arti penting mengingat Indonesia merupakan produsen terbesar sarang walet dan Tiongkok merupakan konsumen terbesar sarang walet dunia.

"Indonesia dapat mengekspor produk ini tanpa melalui pihak ketiga. Lebih lanjut, realisasi ekspor ini pada gilirannya akan membantu meningkatkan taraf hidup pengusaha dan peternak sarang walet Indonesia," jelas KBRI Beijing.

Sarang burung walet yang diekspor Indonesia ke Tiongkok harus memenuhi persyaratan yang termuat dalam Protocol of Inspection, Quarantine and Hygine Requirements for the Importation of Bird Nest Products from Indonesia to China (Protokol Sarang Walet) yang ditandatangani kedua negara pada tahun 2012.

Pihak instansi dan otoritas terkait di Indonesia harus dapat memastikan bahwa sarang burung walet yang diekspor ke Tiongkok memenuhi setiap persyaratan sesuai protokol dimaksud agar ekspor produk ini ke Indonesia dapat berjalan dengan lancar dan tanpa menemui hambatan.

Keberhasilan pembukaan kembali pasar Tiongkok untuk sarang walet Indonesia tidak lepas dari kerjasama dan upaya aktif kedua pihak, khususnya Badan Karantina Indonesia dan Badan Karantina Tiongkok dengan difasilitasi oleh KBRI Beijing.
(hen/hds)

Demikian Berita ini semoga menjadikan kabar yang sangat positif terdampak pada petani sarang burung walet, dan semoga harga bisa terdongkrak tinggi kembali.
Informasi ini saya dapatkan dari sumber : http://finance.detik.com/read/2014/11/28/111919/2761907/4/tak-perlu-lewat-malaysia-tiongkok-buka-impor-sarang-burung-walet-langsung-dari-ri

Semoga kita mendapatkan rejeki yang berkah dari Alloh SWT. amin

Semoga kabar ini menjadikan pembudidaya sarang burung walet menjadi tambah optimis terhadap perubahan kebijakan yang sudah takdir ilahi ini, Info yg cukup menggembirakan ini mengenai Tak Perlu Lewat Malaysia, Tiongkok Buka Impor Sarang Burung Walet Langsung dari RI

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar